TUJUH TOKOH SUCI YANG BERPENGARUH DALAM PERKEMBANGAN HINDU DI BALI /SAPTO PANDITHO.




Agama Hindu di Bali tampak sangat berbeda dengan Hindu di Luar Bali,meski demikian secara filsafat Hindu di Bali memang tidak berbeda dengan Hindu di luar Bali (Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa) yaitu mendasarkan diri pada Panca Sraddha :
1. Percaya dengan adanya Tuhan
2. Percaya dengan adanya Ataman/Roh
3. Percaya dengan adanya Hukum Karma Phala
4. Percaya dengan adanya Reinkarnasi
5. Percaya dengan adanya Moksa/Nirvana.
Secara ritual yang bisa kita lihat sehari-hari umat Hindu di Bali sungguh sangat unik, siapakah yang berperan dalam keunikan ini? berikut sekelumit penjelasan tentang perkembangan Hindu di Bali, semoga bisa menambah wawasan kita bersama. Dan bisa kita gunakan sebagai dasar panutan dalam melangkah sehingga bisa mewujudkan kedamaian di hati, di dunia dan dimanapun…
TUJUH TOKOH SUCI DALAM PERKEMBANGAN HINDU DI BALI :

1. DANGHYANG MARKANDEYA

Pada abad ke-8 beliau mendapat pencerahan di Gunung Di Hyang (sekarang Dieng, Jawa Timur) bahwa bangunan palinggih di Tolangkir (sekarang Besakih) harus ditanami panca datu yang terdiri dari unsur-unsur emas, perak, tembaga, besi, dan permata mirah.Setelah menetap di Taro, Tegal lalang – Gianyar, beliau memantapkan ajaran Siwa Sidhanta kepada para pengikutnya dalam bentuk ritual: Surya sewana, Bebali (Banten), dan Pecaruan. Karena semua ritual menggunakan banten atau bebali maka ketika itu agama ini dinamakan Agama Bali.Daerah tempat tinggal beliau dinamakan Bali. Jadi yang bernama Bali mula-mula hanya daerah Taro saja, namun kemudian pulau ini dinamakan Bali karena penduduk di seluruh pulau melaksanakan ajaran Siwa Sidanta menurut petunjuk-petunjuk Danghyang Markandeya yang menggunakan bebali atau banten.Selain Besakih, beliau juga membangun pura-pura Sad Kahyangan lainnya yaitu : Batur, Sukawana, Batukaru, Andakasa, dan Lempuyang.Beliau juga mendapat pencerahan ketika Hyang Widhi berwujud sebagai sinar terang gemerlap yang menyerupai sinar matahari dan bulan.Oleh karena itu beliau menetapkan bahwa warna merah sebagai simbol matahari dan warna putih sebagai simbol bulan digunakan dalam hiasan di Pura antara lain berupa ider-ider, lelontek, dll.
Selain itu beliau mengenalkan hari Tumpek Kandang untuk mohon keselamatan pada Hyang Widhi, digelari Rare Angon yang menciptakan darah, dan hari Tumpek Pengatag untuk menghormati Hyang Widhi, digelari Sanghyang Tumuwuh yang menciptakan getah.


2. MPU SANGKULPUTIH


Setelah Danghyang Markandeya moksah, Mpu Sangkulputih meneruskan dan melengkapi ritual bebali antara lain dengan membuat variasi dan dekorasi yang menarik untuk berbagai jenis banten dengan menambahkan unsur-unsur tetumbuhan lainnya seperti daun sirih, daun pisang, daun janur, buah-buahan: pisang, kelapa, dan biji-bijian: beras, injin, kacang komak.Bentuk banten yang diciptakan antara lain canang sari, canang tubugan, canang raka, daksina, peras, panyeneng, tehenan, segehan, lis, nasi panca warna, prayascita, durmenggala, pungu-pungu, beakala, ulap ngambe, dll. Banten dibuat menarik dan indah untuk menggugah rasa bhakti kepada Hyang Widhi agar timbul getaran-getaran spiritual.Di samping itu beliau mendidik para pengikutnya menjadi sulinggih dengan gelar Dukuh, Prawayah, dan Kabayan.Beliau juga pelopor pembuatan arca/pralingga dan patung-patung Dewa yang dibuat dari bahan batu, kayu, atau logam sebagai alat konsentrasi dalam pemujaan Hyang Widhi.Tak kurang pentingnya, beliau mengenalkan tata cara pelaksanan peringatan hari Piodalan di Pura Besakih dan pura-pura lainnya, ritual hari-hari raya : Galungan, Kuningan, Pagerwesi, Nyepi, dll.Jabatan resmi beliau adalah Sulinggih yang bertanggung jawab di Pura Besakih dan pura-pura lainnya yang telah didirikan oleh Danghyang Markandeya.

3. MPU KUTURAN

”SIRA EMPU KUTURAN INGARANAN EMPU RAJAKRETA MAHYUNTA AGAWE PARAHYANGAN SANE KAGAWA SAKING MOJOPAHIT KAUNGGAHANG RING BALI KABEH”beginilah bunyi lontar Sutasoma dimana beliau mendapat mandat dari Kerajaan Pusat di Jawa sehingga pada abad ke-11 datanglah ke Bali seorang Brahmana dari Majapahit yang berperan sangat besar pada kemajuan Agama Hindu di Bali. Seperti disebutkan oleb R. Goris pada masa Bali Kuna berkembang suatu kehidupan keagamaan yang bersifat sektarian.
Ada sembilan sekte yang pernah berkembang pada masa Bali Kuna antara lain sekte Pasupata, Bhairawa, Siwa Shidanta, Waisnawa, Bodha, Brahma, Resi, Sora dan Ganapatya.
Diantara sekte-sekte tersebut Çiwa Sidhanta merupakan sekte yang sangat dominan.
Masing-masing sekte memuja Dewa-Dewa tertentu sebagai istadewatanya atau sebagai Dewa Utamanya dengan Nyasa (simbol) tertentu serta berkeyakinan bahwa istadewatalah yang paling utama sedangkan yang lainnya dianggap lebih rendah.Perbedaan-perbedaan itu akhirnya menimbulkan pertentangan antara satu sekte dengan sekte yang lainnya yang menyebabkan timbulnya ketegangan dan sengketa didalam tubuh masyarakat Bali Aga.
Inilah yang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat yang membawa dampak negative pada hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Akibat yang bersifat negative ini bukan saja menimpa desa bersangkutan, tetapi meluas sampai pada pemerintahan kerajaan sehingga roda pemerintahan menjadi kurang lancar dan terganggu. Dalam kondisi seperti itu, Raja Gunaprya Dharmapatni/Udayana Warmadewa perlu mendatangkan rohaniawan dari Jawa Timur yang oleh Gunaprya Dharmapatni sudah dikenal sejak dahulu semasih beliau ada di Jawa Timur. Oleh karena itu Raja Gunaprya Dharmapatni/Udayana Warmadewa bersepakat untuk mendatangkan 4 orang Brahmana bersaudara yaitu:
1. Mpu Semeru, dari sekte Ciwa tiba di Bali pada hari jumat Kliwon, wuku Pujut, bertepatan dengan hari Purnamaning Kawolu, candra sengkala jadma siratmaya muka yaitu tahun caka 921 (999M) lalu berparhyangan di Besakih.
2. Mpu Ghana, penganut aliran Gnanapatya tiba di Bali pada hari Senin Kliwon, wuku Kuningan tanggal 7 tahun caka 922 (1000M), lalu berparhyangan di Gelgel

3. Mpu Kuturan, pemeluk agama Budha dari aliran Mahayana tiba di Bali pada hari Rabu Kliwon wuku pahang, maduraksa (tanggal ping 6), candra sengkala agni suku babahan atau tahun caka 923 (1001M), selanjutnya berparhyangan di Cilayukti (Padangbae)
4. Mpu Gnijaya, pemeluk Brahmaisme tiba di Bali pada hari Kamis Umanis, wuku Dungulan, bertepatan sasih kadasa, prati padha cukla (tanggal 1), candra sengkala mukaa dikwitangcu (tahun caka 928 atau 1006M) lalu berparhyangan di bukit Bisbis (Lempuyang).Sebenarnya keempat orang Brahmana ini di Jawa Timur bersaudara 5 orang yaitu adiknya yang bungsu bernama Mpu Bharadah ditinggalkan di Jawa Timur dengan berparhyangan di Lemahtulis, Pajarakan. Kelima orang Brahmana ini lazim disebut Panca Pandita atau “Panca Tirtha” karena beliau telah melaksanakan upacara “Dwijati” yaitu menjalankan dharma “Kabrahmanan”. Dalan suatu rapat majelis yang diadakan di Bata Anyar yang dihadiri oleh unsur tiga kekuatan pada saat itu, yaitu :
 Dari pihak Budha Mahayana diwakili oleh Mpu Kuturan yang juga sebagai ketua sidang
 Dari pihak Ciwa diwakili oleh Mpu Semeru
 Dari pihak 6 sekte yang pemukanya adalah orang Bali Aga.
Dalam rapat majelis tersebut Mpu Kuturan membahas bagaimana menyederhanakan keagamaan di Bali, yg terdiri dari berbagai aliran.Tatkala itu semua hadirin setuju untuk menegakkan paham Tri Murti (Brahma,Wisnu,Ciwa) untuk menjadi inti keagamaan di Bali dan yang layak dianggap sebagai perwujudan atau manifestasi dari Sang Hyang Widhi Wasa.Konsesus yang tercapai pada waktu itu menjadi keputusan pemerintah kerajaan, dimana ditetapkan bahwa semua aliran di Bali ditampung dalam satu wadah yang disebut “Ciwa Budha” sebagai persenyawaan Ciwa dan Budha.Semenjak itu penganut Ciwa Budha harus mendirikan tiga buah bangunan suci (pura) untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa dalam perwujudannya yang masing-masing bernama:Pura Desa Bale Agung untuk memuja kemuliaan Brahma sebagai perwujudan dari Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan) sebagai Pencipta
Pura Puseh untuk memuja kemulian Wisnu sebagai perwujudan dari Sang Hyang Widhi Wasa sebagai PemeliharaPura Dalem untuk memuja kemuliaan Bhatari Durga yaitu caktinya Bhatara Ciwa sebagai perwujudan dari Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Pengembali/Pelebur.Ketiga pura tersebut disebut Pura “Kahyangan Tiga” yang menjadi lambang persatuan umat Ciwa Budha di Bali.
Dalam Samuan Tiga juga dilahirkan suatu organisasi “Desa Pakraman” yang lebih dikenal sebagai “Desa Adat”.Dan sejak saat itu berbagai perubahan diciptakan oleh Mpu Kuturan, baik dalam bidang politik, social, dan spiritual. Jika sebelum keempat Brahmana tersebut semua prasasti ditulis dengan menggunakan huruf Bali Kuna, maka sesudah itu mulai ditulis dengan bahasa Jawa Kuna (Kawi). Akhirnya di bekas tempat rapat itu dibangun sebuah pura yang diberi nama Pura Samuan Tiga.
Atas wahyu Hyang Widhi beliau mempunyai pemikiran-pemikiran cemerlang mengajak umat Hindu di Bali mengembangkan konsep Trimurti dalam wujud simbol palinggih Kemulan Rong Tiga di tiap perumahan, Pura Kahyangan Tiga di tiap Desa Adat, dan Pembangunan Pura-pura Kiduling Kreteg (Brahma), Batumadeg (Wisnu), dan Gelap (Siwa), serta Padma Tiga, di Besakih.Paham Trimurti adalah pemujaan manifestasi Hyang Widhi dalam posisi horizontal (pangider-ider).

4. MPU MANIK ANGKERAN

Setelah Mpu Sangkulputih moksah, tugas-tugas beliau diganti oleh Mpu Manik Angkeran. Beliau adalah Brahmana dari Majapahit putra Danghyang Siddimantra.Dengan maksud agar putranya ini tidak kembali ke Jawa dan untuk melindungi Bali dari pengaruh luar, maka tanah genting yang menghubungkan Jawa dan Bali diputus dengan memakai kekuatanbathin Danghyang Siddimantra. Tanah genting yang putus itu disebut segara rupek(Buleleng Barat).

5. MPU JIWAYA

Beliau menyebarkan Agama Budha Mahayana aliran Tantri terutama kepada kaum bangsawan di zaman Dinasti Warmadewa (abad ke-9).
Sisa-sisa ajaran itu kini dijumpai dalam bentuk kepercayaan kekuatan mistik yang berkaitan dengan keangkeran (tenget) dan pemasupati untuk kesaktian senjata-senjata alat perang, topeng, barong, dll.
6. DANGHYANG DWIJENDRA
Datang di Bali pada abad ke-14 ketika Kerajaan Bali Dwipa dipimpin oleh Dalem Waturenggong. Atas wahyu Hyang Widhi di Purancak, Jembrana, Beliau mempunyai pemikiran-pemikiran cemerlang bahwa di Bali perlu dikembangkan paham Tripurusa yakni pemujaan Hyang Widhi dalam manifestasi-Nya sebagai Siwa, Sadha Siwa, dan Parama Siwa. Bentuk bangunan pemujaannya adalah Padmasari atau Padmasana.Jika konsep Trimurti dari Mpu Kuturan adalah pemujaan Hyang Widhi dalam kedudukan horizontal, maka konsep Tripurusa adalah pemujaan Hyang Widhi dalam kedudukan vertikal.Ketika itu Bali Dwipa mencapai jaman keemasan, karena semua bidang kehidupan rakyat ditata dengan baik.Hak dan kewajiban para bangsawan diatur, hukum dan peradilan adat/agama ditegakkan, prasasti-prasasti yang memuat silsilah leluhur tiap-tiap soroh/klan disusun. Awig-awig Desa Adat pekraman dibuat, organisasi subak ditumbuh-kembangkan dan kegiatan keagamaan ditingkatkan.Selain itu beliau juga mendorong penciptaan karya-karya sastra yang bermutu tinggi dalam bentuk tulisan lontar, kidung atau kekawin.
Karya sastra beliau yang terkenal antara lain : Sebun bangkung, Sara kusuma, Legarang, Mahisa langit, Dharma pitutur, Wilet Demung Sawit, Gagutuk menur, Brati Sesana, Siwa Sesana, Aji Pangukiran, dll.Beliau juga aktif mengunjungi rakyat di berbagai pedesaan untuk memberikan Dharma wacana.

7.SRI WILATIKTA BRAHMARAJA XI  

 Diabad 21 ini kedatangan beliau ke Bali adalah sesuai dengan visi dan misi dalam mengurus kerabat Majapahit yang ada di Jawa Timur dan Bali yaitu untuk menegaskan kembali peradaban Hindu Bali dengan mempertebal keyakinan umat terhadap Leluhur/Kawitan dengan praktek nyata/karya nyata Beliau membikin dan memelihara kembali Palinggih Stana Kawitan Pusat di seluruh daerah yang ada di Jawa dan bali yaitu menyempurnakan kembali Pura Majapahit(Bali) dalam bidang Adat Budaya Nusantara baik di wilayah Negara,Tabanan,Badung,Bangli,Singaraja,Gianyar,dan Karangasem lewat Budaya pemersatu kerukunan umat(Nguri nguri Leluhur).Karena umat sekarang lebih condong mencari jalan singkat langsung menuju Tuhan yang Maha Esa tanpa melalui jalur yang sudah ada yaitu jalur Kawitan, baru setelah itu kejenjang lebih tinggi untuk menuju ke Tuhan.Kapan Agama tidak mendukung Budaya maka kepunahan di ambang pintu dan begitu juga sebaliknya kapan agama menjunjung tinggi Budaya niscaya akan langgeng.Terbukti kita telah di wariskan oleh pendahulu untuk tetap memelihara bahkan meningkatkan serada bakti kita terhadap Leluhur Kawitan masing-masing untuk kembali ke Kawitan Pusat Majapahit Nusantara yang sudah di bangun sesuai kaidah Budaya leluhur . Penegasan dan penerapan kembali Ageman Hindu Bali yaitu sesuai dengan Bisama Empu Kuturan di Batu Anyar(Gianyar sekarang) yaitu Ageman Siwa Budha yang diimflementasikan dengan membangun Klenteng/gedong palinggih di dalam satu areal Pura yang ada dan membangun Pagoda/Meru Tumpang di dalam satu areal Pura(kelemahan kita di Bali),sehingga kelihatan secara nyata(praktek nyata) bentuk penghormatan kita kepada Kawitan sesuai ageman siwa budha.Di Bali Gedong Ibu yang biasa kita temui di Pura Dalem Kayangan itu sama fungsinya dengan Kelenteng Cuma berlainan nama saja.Begitu juga keberadaan Pagoda/Meru tumpang yang lumrah di Bali mempergunakan atap ijuk di sesuaikan dengan zaman yaitu beratap cor/semen cor sesuai perkembangan zaman karena kita harus fleksibel memilih bahan bangunan alternative apabila nanti bahan ijuk atap sudah langka keberadaannya tanpa mempengaruhi estetika yang sudah ada.Memperkenalkan Arca-arca/Pratima Leluhur Kawitan Pusat(umurnya 100an tahun yang masih disimpan dan disungsung) yang dulunya khusus untuk persembahyangan Raja-raja di tanah Jawa untuk masyarakat umum guna lebih mempertebal srada bhakti  dalam pemusatan pikiran, sehingga bhakti kita tidak ngawur dan hampa.Ini lebih menyempurnakan untuk pendahulunya yaitu Danghyang Dwijendra dalam penerapan Padmasana(padma=lingga,asana=duduk)ARTINYA tempat duduk Beliau, beliau yang mana didudukkan di Padmasana yang kosong itu(ilmiah)……???jawabannya adalah Hyang Widhi/Tuhan dalam wujud/manifestasi apa yang kita sembah,jadi Hyang Widhi itu kita wujudkan dalam bentuk Lingga/Pratima sesuai yang kita Puja,misalnya semisal Dewa Siwa haruslah ada Pratima Siwa di rong Padmasana sehingga umat tidak memuja Kekosongan terutama bagi masyarakat awam,bagi yang sudah mengerti tidak menjadi masalah,tapi bagi masyarakat awam justru ini sama dengan pembodohan umat.Sehingga Sulinggih yang berhasil adalah ketika Beliau mampu memberikan umatnya pemahaman yang benar dan jelas.
Di Bali sekarang ini sering kita dengar dan digembar-gemborkan “Ajeg Bali”tapi kenyataannya di masyarakat masih terdengar bentrok karena khasus Pelaba Pura,khasus kasepekang,khasus tidak boleh dikubur di setra desa adat dll dsb,justru kejadian ini berkembang di daerah yang Sulinggihnya Ngetop di Bali dengan Darmawacana-nya,tapi berbanding terbalik dengan prilaku umatnya(berita Koran).jadi kita kurang dalam penerapan Budha tatwa(budi pekerti luhur).
Jadi kita memuja beliau jelas dan tidak sembunyi-sembunyi lagi(atau memang disembunyikan untuk egosentris bagi kaum tertentu saja),atau takut dikatakan pindah/menjiplak Agama Buddha(karena penganut Buddha lebih mengutamakan Arca/Pratima dalam pemujaannya),padahal kalau dicari sejarah Leluhur kita semua jelas berpulang dari Lingga Yoni/Bapak Ibu/Siwa Budha/Purusha Predhana/Akasa Pertiwi/Langit Bumi.Kebanyakan di Bali menganut Purusha tatwa dan mengambil hukum waris garis purusha(Siwa tatwa=penerapan ke luar/keatas tanpa noleh ke dalam) lebih mempokuskan serana bebantenan saja tanpa mampu menjabarkan makna dan filosofinya untuk masyarakat umum dan jarang mengambil hukum waris predana(Buddha tatwa=penerapan ke dalam).Dan ini sudah jelas dalam Bisama di “Pura Samuan Tiga”Gianyar.
Kenapa kita tidak menggabungkan keduanya yaitu pemujaan Purusha Predana dalam satu areal  pura(keluar dan kedalam) sehingga kita tidak lagi dipisah-pisah dan di cerai berai oleh pihak luar yang ingin merongrong Ageman kita yang di sebut Ageman Budaya yang Adiluhung.coba pakai akal sehat(ilmiah) ,bagaimana seandainya bapak dan ibu dicerai sudah tentu anaknya juga tercerai berai luntang lantung tanpa punya pegangan dan didikan yang cukup,hidup melarat,hidup di garis kemiskinan,inikah yang diinginkan oleh Pentolan-pentolan orang Bali yang nigtig tangkah mebela pati untuk jagad Bali…..????.Jadi Beliau lebih menekankan penerapan dari “Ageman Siwa Budha”untuk diperdalam dan diimplementasikan dalam karya dan praktek nyata dan bukan hanya slogan semata.Inilah contoh Pura yang sudah di wariskan kepada anak cucunya dan sudah mengembangkan Ageman Siwa Budha di Bali,yaitu :Pura Tegeh Koripan(Penulisan), Pura Batur(Bangli),Pura Dalem Balingkang(Bangli),Pura Besakih(Karangasem),Pura Dalem Ped(Kelungkung), Pakendungan, Hulu watu, Bukit Gong, Bukit Payung, Sakenan, Air Jeruk, Tugu, Tengkulak, Gowa Lawah, Ponjok Batu, Suranadi (Lombok), Pangajengan, Masceti, Peti Tenget, Amertasari, Melanting, Pulaki, Bukcabe, Dalem Gandamayu, Pucak Tedung, terakhir yang paling baru adalah Pura Ibu Majapahit Jimbaran Badung(tempat beliau bermukim yaitu Puri Surya Majapahit). Saksi sejarah kegiatan ini adalah didirikannya Pura-Pura untuk memuja beliau di tempat mana beliau pernah bermukim membimbing umat misalnya dsb,dst dll. Jadi semua Pura yang ada di Bali adalah sesuai dengan Lontar-lontar yang dibawa dari tanah jawa(Majapahit Pusat) yang diterapkan oleh keturunannya di Bali,begitulah adat Budaya yang sudah terkenal di seluruh jagad Raya ini jangan sampai kita tinggalkan beralih dengan ageman yang langsung menuju Tuhan tanpa melalui Kawitan sebelum kalian kwalat/Tulah kepada bisama Leluhur Kawitan semua.(lihat pis bolong dua sisi).
Tidak ada larangan untuk belajar ke India,Mesir,Arab maupun Negeri Cina,tapi harus diseleksi mana yang sesuai untuk diterapkan di Tanah Ibu Pertiwi ini sehingga tidak bertentangan dengan adat Budaya Nusantara,katakan benar bila benar dan katakan keliru kalau memang keliru karena masih ada waktu untuk berbenah,selamat berkarya nyata….bersambung.


10 Responses So Far:

Unknown mengatakan...

SALAMU ALAIKUM WR,WB…SAYA PAK WAWANG TINGAL DI BALI
PECINTA TOGEL BAHWA DULUNYA KAMI INI SELALU KALAH BERMAIN TOGEL ….
DAN KAMI INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA SAUWDARA2 PARA DAN SEMUA BARANG2 SAYA HABIS TERJUAL GARA2 MAIN TOGEL TIDAK PERNAH MENANG.TAPI SIUKUR ALHAMDULILLAH ADA TEMAN KAMI YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI,DARMO … BISAH MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL JITU TAPI KAMI BELUM YAKIN BAHWA ADA ORANG YANG BISAH MENGELUARKAN ANGKA GHOIB/RITUAL JITU,AKHIRNYA KAMI COBA2 MEMBERANIKAN DIRI UNTUK MENGHUBUNGI AKI,DARMO TERNYATA ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,DARMO, 4D ,, BETUL BETUL TERBUKTI DAN TEMBUS…,,, ,,, 2427 ,,TGL;02;06;2014
100%,…DAN SAYA MEMENANGKANNYA ,


KELIK DI SINI 300 JUTA PERDIKSI ANGKA JITU TOGEL HARI INI


DAN TERIMAH KASIH ATAS BATUANYA,EMBAH SAYA HAMPIR
MENANG TIAP HARI…
ALLHAMDULILLAH SAYA BISAH MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA DAN SEKARANG KAMI JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN INI ADALAH KISAH NYATA DARI KAMI ,JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA YANG NAMANYA ANGKA GHOIB/RITUAL JITU SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI ,,,
DENGAN CARA HUBUNGI /SMS AKI DARMO, DI NOMOR[082-310-143-355-]) KAMI YAKIN BAHWA ANGKA YANG DI BERIKAN AKI, DAPAT MERUBAH NASIB ANDA.TERIMAH KASIH, JAMINAN 5X PUTARAN GOLL…
Di jamin anda pasti menang seperti KAMI SEKELUARGA >>>>>>
.(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
«´ Thanks sOb rOoMnyA ¨`»
..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..
SELAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.MELAYANI SEMUA PUTARANG TOGEL .
====>* Prediksi Togel ;Singapura.

====>* Prediksi Togel ;Hongkong.

====>* Prediksi Togel ;Sidny.

====>* Prediksi Togel ;Malyasia.

====>* Prediksi Togel ;Kuda Lari.
====>* Prediksi Togel ;Laos.
====>* Prediksi Togel ;Toto magnum 4d
.

PAK JHONATANG DI MALAYSIA mengatakan...

assalamualaikum wr, wb.KAMI DAN SEKELUARGA mengucapkan banyak2
terimakasih kepada EYANG TAGALU,atas angka togel yang EYANG …DI
BAGI angka "6D" alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan tembus atas berkat
bantuan EYANG TAGALU,KAMI bisa melunasi semua hutang2 keluarga kami ,atas rasah bersukur kepadah …EYANG KAMI CANTUNGKAN DI INTERNET
biar semua orang menengo,atas kepercayaan KAMI kepadah EYANG…awani ;sekit komentar kepadah semua pencinta togel dan inggin merubah nasibnya, dengan
Carah, silahkan HBG/SMS /EYANG DI NMR ;[[[ 0853,,3624,,7799,,]]]…
Dan alhamdulillah sekarang kami.
sudah bisah bermodal kan walaupun itu memilih jalan main togel ,kami sekeluarga patuh kami sukuri.
dan alhandulillah , BUKAH DI SINI,PREDIKSI ANGKA JITU HARI INI 2D 3D 4D 5D 6D
untuk mencukupi kebutuhan keluarga kami.
sehari2. itu semua berkat bantuan EYANG sekali lagi makasih banyak
yah, EYANG… atas nomornya yaitu ….. 6D…di sports toto/malaysia…
….yang kemaring EYANG kasih 6D … 458574…TGL,01,06,2014…
DAN ALHANDULILLA KENAH LAGI….dan alhandulillah dapat 600 juta
dijamin 100% jebol dan silah buktikan...sendiri-

Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..
Solusi yang tepat jangan anda putus aza....EYANG TAGALU,akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/angka GHOIB:
butuh angka togel…. 2D_3D_4D -5D-6D ….dijamin 100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan, HBG ATAU SMS; EYANG TAGALU DI NO: (((_0853_3624_7799_)))

DAN MELAYANI SEMUA PUTARAN TOGEL MAUPUN DALAM NEGRI ATAU LUAR NEGRI

TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D…
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55…
MEKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMI…ATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA BERTUA ADA SAMA, EYANG TAGALU…..EYANG , SIAP MELAYANI PERMINTAAN ANDA DAN KAMI YAKIN JAMINAN [ 7] KALI PUTARAN…GOOL

ibu melda di singapura mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

AhliTransferjanin mengatakan...

NAME AWA NI IBU NUNUNG SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGIN TAU INFO TOGEL,MALAYSIA 3D 4D 5D 6D 7D 9D-DAN KAMI CUMA BEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA AKI DARMO NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA AKI DARMO BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTA ANGKA,4D…5D…DAN 6D…
ANGKA NAIK YAITU,DI.290931
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D ,
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,AKI DARMO…
DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL MALAYSIA TGL,16-08-2015
….
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,082-310-142-255—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN…

ATAU, KUNGJUNGGI, BLOG, AKI DARMO… >>> KLIK DISINI ANGKA TEMBUS 2D,3D,4D,5D,6D,7D,9D-<<<<

DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI, …
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI DARMO yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang …Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari AKI DARMO yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih KI …Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apakaH 2D.3D.4D.5D.6D. 7D .9D-.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada AKI DARMO…di nmr hpnya [082-310-142-255] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!
DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos
angka ritual gaib kuda lari
TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D…
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55…
MAKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMI…ATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA AKI DARMO…..
Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>


Unknown mengatakan...

Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

Unknown mengatakan...

KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,Perkenalkan nama saya indasjayani dari lombok,nusa tenggara barat. senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 58 juta dan di bank totalnya 100juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman yaitu Arifuddin bang arif dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya,yaitu melalui jalan TOGEL dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan OM AGUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi OM AGUS di No 085397766615 Semua petunjuk OM saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya ANGKA SGP yg diberikan OM AGUS yaitu 3D(394) yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih OM AGUS saya tidak akan melupakan jasa OM. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB OM AGUS DI 085397766615 (TANPA TUMBAL/AMAN).

ibu salmah mengatakan...

kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka ((( 1 4 9 5 ))) alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,DI NO Cll (((082-313-336-747)))
insya allah anda bisa seperti Saya menang togel 179
juta, wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....


Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..


Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKI SOLEH akan membantu
anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: Cll (((082-313-336-747)))



KLIK DISINI ((((( BOCORAN DUKUN TOGEL HARI INI ))))


angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/


angka GHOIB; laos





























































Wirawan mengatakan...

Janhan sampai juga kita lupa Panca Sradha dan wahyu Ida Sang Hyang Widhi karena terlalu berlebihan dalam pemujaan Leluhur. Karena kita ada karena leluhur.. leluhur ada karena Ida sang Hyang Widhi. Lakukan ritual yang Satwika sesuai ajaran Weda karena kita beragama Hindu.. tetapi jaga simbol simbol budaya nusantara.

Wirawan mengatakan...

Janhan sampai juga kita lupa Panca Sradha dan wahyu Ida Sang Hyang Widhi karena terlalu berlebihan dalam pemujaan Leluhur. Karena kita ada karena leluhur.. leluhur ada karena Ida sang Hyang Widhi. Lakukan ritual yang Satwika sesuai ajaran Weda karena kita beragama Hindu.. tetapi jaga simbol simbol budaya nusantara.

Ngiring sareng-sareng Ngelantur